#19. Error Prevention – http://www.goal.com/id-ID/

Maksudnya adalah Merancang sistem yang mencegah terjadinya kesalahan lebih baik  daripada merancang pesan kesalahan yang baik. Ada beberapa komponen penilaian yang dikemas dalam bentuk pertanyaan yang diajukan pada pengujian di bagian ini, antara lain sebagai berikut :

———————————————————————————————————————————————–

a. Apakah sistem sebisa mungkin mencegah pengguna membuat kesalahan?

Hal seperti ini dapat terlihat ketika melakukan registrasi pendaftaran awal menjadi member baru di web ini.

4d

4b

Di bagian pengisian password terdapat 2 kolom isian, kolom pertama untuk password akses dan kolom kedua untuk konfirmasi ulang passsword. Masalahnya adalah ketika ada suatu kolom yang tak diisi, misal di kolom konfirmasi passowrd tak diisi atau kolom password tak diisi. Sistem tak segera memberi tahu secara langsung bahwa “kolom ini wajib diisi terlebih dahulu sebelum berlanjut ke kolom berikutnya, dan kolom berikutnya di lock terlebih dahulu sebelum kolom sebelumnya tersisi. Selain itu sistem tak memberitahu/tak mendeteksi jenis password seperti apa yang diinputkan ke kolom tersebut, apakah harus letter A-Z, 0-9, charset ‘_’,’.’ Atau kombinasi dari mereka dengan rentang panjang password yang direkomendasikan. Mislanya jika rentang password hingga 9 karakter berarti password lemah, 10-15 karakter sedang, dan 16-25 kuat sehingga web dapat menjamin keamanan data pribadi seorang pengguna ketika ingin melakukan registrasi.

———————————————————————————————————————————————–

b. Apakah sistem memperingati pengguna ketika akan melakukan kesalahan yang serius?

4c

Sistem memperingatkan ke pengguna ketika ada salah satu kolom pada form registrasi yang belum terisi atau ketidaksamaan antara password awal dengan password konfirmasi atau juga kesalahan input email. Namun sayangnya sistem baru bisa memberikan penjelasan tersebut ketika dilakukan submit ke sistem, dan baru diberikan feedback berupa tulisan merah yang menyatakan bahwa kolom ini harus diisi terlebih dahulu atau ada kesalahan format penulisan sehingga dirasa kurang efektif dalam pemberian peringatan ke pengguna mengenai kesalahan yang dilakukan ketika pengisian.

———————————————————————————————————————————————–

c. Apakah kolom input menampilkan data default jika kolom tersebut tidak diisi?

4a

Sistem TIDAK menampilkan data default atau masukkan secara otomatis ketika dilakukan pengisian sebuah form registrasi dan hal tersebut terlihat ketika dilakukan submisi dan terdapat pesan bahwa kolom yang kosong tersebut harus diisi. Namun lagi-lagi tidak secara otomatis pemberitahuan peringatannya bahwa kolom ini harus diisi terlebih dahulu sebelum berlajut ke kolom berikutnya dan sistem belum dapat mendeteksi apakah inputan yang diberikan pengguna sudah sesuai apa belum dengan kriteria kolom yang diinginkan sistem.

———————————————————————————————————————————————–

d. Apakah kolom input menampilkan angka sisa karakter yang dapat diinputkan?

Kolom input TIDAK menampilkan sisa karakter yang masih kosong atau masih muat untuk diinputkan, dan hal ini terlihat ketika dilakukan registrasi pendaftaran member baru web Goal.

4d

Disini terlihat (dan lagi-lagi mengulas password, karena disinilah bagian keamanan sebuah sistem yang menjamin data pribadi pengguna terjaga dengan baik dan aman) bahwa sistem tak memberikan sudah berapa karakter yang diinputkan di kolom password dan ada beberapa karakter lagi yang kosong jika ingin membuat password dengan keamanan yang kuat dan amat disayangkan bahwa di kolom password tidak memberikan batasan maksimum karakter yang digunakan untuk membuat suatu password yang kuat alias tak ada batasan maksimum berapa karakter password yang diperlbolehkan secara langsung tanpa harus submit terlebih dahulu.

———————————————————————————————————————————————–

Dalam poin Error Prevention , secara keseluruhan rating untuk severity of usage problem yang diberikan sebesar 3/4. Artinya terdapat kesalahan Mayor pada bagian password dan konfirmasi password saat melakukan registrasi. Hal ini dikarenakan kurangnya pendeteksian pada tiap kolom registrasi yang seharusnya dibuat required sehingga pengguna diharuskan untuk untuk mengisi kolom tersebut secara berurutan tanpa ada kolom yang tertinggal. Selain itu penempatan keterangan untuk memperjelas pengguna dalam melakukan pengisian juga diperlukan agar pengguna dapat melakukan pengisian dengan jelas dan sesuai instruksi yang di berikan.

Lanjut yah ke #15e

Iklan

9 thoughts on “#19. Error Prevention – http://www.goal.com/id-ID/

  1. Haposan Silalahi berkata:

    Masalah keamanan akun seseorang memang sangat penting, karena sangat privasi. Sebaiknya pengembang web ini dapat menyadari kelemahan dari web nya dan segera memperbaikinya.

  2. Rizky D R B berkata:

    Saya setuju dengan hendra, seharusnya diberikan sedikit petunjuk pengisian password agar user mengisi password sesuai dengan yang diharapkan oleh sistem. Ide bagus jika diberikan rekomendasi kekuatan dari password. Hal tersebut dapat menjadi sebagai pengingat bahwa password yang diinputkan oleh user lemah atau mudah ditembus, sehingga user lebih berhati – hati dalam menjaga privacy yang dimilikinya.

    semangat~
    drbears.blogspot.com

  3. utariambar berkata:

    setuju dengan hendra, untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan seharusnya diberi tahu notifikasi pada field pengisian password, dan requiremen pengisiian field ualngi password juga seharusnya dicantumkan agar pengguna tidak bolak balik mengisi field itu terus karena lupa mengisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s